Rabu, 27 Desember 2017

Sumpah Pemuda


A.    LATAR BELAKANG
Sumpah pemuda adalah sebuah ikrar dari para pemuda yang dijadikan bukti otentik bahwa pada tangga 28 oktober 1928 bangsa Indonesia dilahirkan. Oleh karena itu sudah seharusnya segenap rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia. Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.

Sekarang ini banyak pemuda yang lupa akan sejarah para pemuda terdahulu. Sehingga banyak pemuda yang mudah terkontaminasi oleh hasutan orang-orang jahat. Alhasil banyak pemuda yang memilih berdemo ketimbang membuat musyawarah antara petinggi negeri ini dengan rakyat. Selain berdemo, para pemuda juga melakukan aksi tawuran yang telah merajalela dikalangan siswa SD,SMP dan SMA. Dizaman yang moderen ini para pemuda seakan di jajah kembali namun bukan secara terang-terangan namun di jajah secara psikis.
Solusi untuk mengatasi sikap pemuda ini adalah dengan memperkenalkan mereka dengan sejarah dan akhlak dari kecil hingga dewasa. Sehingga pemuda Indonesia mampu membangun negeri ini dengan kepala dingin. Melihat kejadian pemuda yang makin agresif maka akan dibahas dalam makala ini agar dapat mengetahui bagaimana sejarah pemuda membangun bangsa ini serta bentuk pengaplikasian tepat yang dilakukan dalam era modern ini. Secara jelas mengenai sejarah dan pengaplikasiannya akan dibahas pada Bab II.


B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana sejarah sumpah pemuda?
2.      Apa makna dan tujuan sumpah pemuda?
3.      Siapa tokoh yang terlibat dalam sumpah pemuda?
4.      Apa pentingnya sumpah pemuda bagi Indonesia?

C.     TUJUAN
Dengan dibuatnya makalah ini kami berharap pembaca dapat mengetahui bahwa Sumpah Pemuda sangat berperan penting terhadap kemerdekaan Indonesia agar nantinya para pemuda dapat lebih menghargai para pejuang kita. Sehingga pemuda Indonesia mampu menbangun negeri ini dengan kepala dingin.

  
BAB II
PEMBAHASAN


A.    Sejarah Sumpah Pemuda
Sumpah Pemuda adalah salah satu tonggak sejarah yang penting bagi bangsa Indonesia. Seperti kita telah ketahui, ada tiga butir penting Sumpah Pemuda, yaitu bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu. Tiga hal ini merupakan faktor penting bagi negara kita.
Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudia mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi Mengangkat Harkat dan Martabat Hidup Orang Indonesia Asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945. Sesuai namanya, Sumpah Pemuda dirumuskan oleh para pemuda. Mereka kemudian menjadikannya sebagai dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme. Para pemuda tidak lagi berjuang sendiri, melainkan bersamasama.
Perlu kita ketahui, Sumpah Pemuda tidak lahir begitu saja. Banyak hal yang melandasi para pemuda bertekad untuk bersatu. Mereka berpikir tidak akan bisa membuat Indonesia merdeka jika berjuang di kelompok sendiri. Kegagalan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia membuat mereka sadar bahwa rasa nasionalisme harus dipadukan. Karena itu, diadakanlah Kongres Pemuda I dan II. Mereka menjadi satu, menjadi “Pemuda Indonesia”. Semangat persatuan para pemuda dulu harus diikuti pemuda masa kini. Yaitu, mengisi kemerdekaan dengan hal positif yang berguna bagi nusa dan bangsa. Peristiwa sejarah Soempah Pemoeda atau Sumpah Pemuda merupakan suatu pengakuan dari Pemuda-Pemudi Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa. 
Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 hasil rumusan dari Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II Indonesia yang hingga kini setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.
Kongres Pemuda II dilaksanakan tiga sesi di tiga tempat berbeda oleh organisasi Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) yang beranggotakan pelajar dari seluruh wilayah Indonesia. Kongres tersebut dihadiri oleh berbagai wakil organisasi kepemudaan yaitu Jong Java, Jong Batak, Jong, Celebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Jong Ambon, dsb serta pengamat dari pemuda tiong hoa seperti Kwee Thiam Hong, John Lauw Tjoan Hok, Oey Kay Siang dan Tjoi Djien Kwie. Gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh Indonesia. Atas inisiatif PPPI, kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat.
Rapat pertama, Sabtu, 27 Oktober 1928, di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Waterlooplein (sekarang Lapangan Banteng). Dalam sambutannya, ketua PPPI Sugondo Djojopuspito berharap kongres ini dapat memperkuat semangat persatuan dalam sanubari para pemuda. Acara dilanjutkan dengan uraian Moehammad Yamin tentang arti dan hubungan persatuan dengan pemuda. Menurutnya, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan. Rapat kedua, Minggu, 28 Oktober 1928, di Gedung Oost-Java Bioscoop, membahas masalah pendidikan. Kedua pembicara, Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro, berpendapat bahwa anak harus mendapat pendidikan kebangsaan, harus pula ada keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah. Anak juga harus dididik secara demokratis.
Pada rapat penutup, di gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106, Sunario menjelaskan pentingnya nasionalisme dan demokrasi selain gerakan kepanduan. Sedangkan Ramelan mengemukakan, gerakan kepanduan tidak bisa dipisahkan dari pergerakan nasional. Gerakan kepanduan sejak dini mendidik anak-anak disiplin dan mandiri, hal-hal yang dibutuhkan dalam perjuangan.
Rumusan Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada sebuah kertas ketika Mr. Sunario, sebagai utusan kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin.
Isi Teks Asli Sumpah Pemuda Hasil Kongres Pemuda Kedua adalah sebagai berikut :
PERTAMA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia).
KEDOEA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa Yang Satu, Bangsa Indonesia)
KETIGA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia).
Dalam peristiwa sumpah pemuda yang bersejarah tersebut diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia untuk yang pertama kali yang diciptakan oleh W.R. Soepratman. Lagu Indonesia Raya dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 pada media cetak surat kabar Sin Po dengan mencantumkan teks yang menegaskan bahwa lagu itu adalah lagu kebangsaan. Lagu itu sempat dilarang oleh pemerintah kolonial hindia belanda, namun para pemuda tetap terus menyanyikannya.

B.     Makna dan tujuan sumpah pemuda
Makna sumpah pemuda bagi bangsa Indonesia
Sejarah mencatat bahwa perubahan bangsa Indonesia ini banyak dipengaruhi oleh para pemudah. oleh karena itu gagasan atau ide akan diselengarakannya kongres pemuda berasal dari perhimpunan pelajar- pelajar Indonesia ( PPPI ) yang kemudian dikenal sebagai momentum sumpah pemuda, sumpah pemuda terjadi pada tanggal 28 oktober 1928 yang kemudian menjadi sejarah dan juga sebuah bukti bahwa pemuda Indonesia memiliki semangat tinggi dalam upaya memperbaiki negrinya.
Berbagai peristiwa menyakitkan mengiringgi perjuangan merekah tetapi dengan semangat persatuan, kesatuan, dan tujuan kemerdekaan ,maka pada tahun 1945 indonesia ahkirnya merasakan udara kemerdekaan, tetapi pada saat itu Indonesia masi berada dalam keadaan krisis kesatuan dan kebangsaan. Masa yang krisis akan kesatuan dan kebangsaan itu disebut masa demokrasi liberal, setelah masa demokrasi liberal maka menuju ke masa orde baru dan akhirnya reformasi.
Kita sebagai generasi penerus bangsa perlu kembali merenungi makna sumpah pemuda dengan jiwa dan semangat kebangsaan serta keinginan bersatu yang tinggi. Makna sumpah pemuda bagi bangsa Indonesia adalah :
1.      Sebagai bukti otentik akan lahirnya bangsa Indonesia pada tanggal 28 oktober 1928.
2.      Sebagai dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme.
Sebagai bukti otentik akan lahirnya bangsa Indonesia pada tanggal 28 oktober 1928. Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudia mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi Mengangkat Harkat dan Martabat Hidup bangsa Indonesia, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya pada 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.
Sesuai namanya, Sumpah Pemuda dirumuskan oleh para pemuda. Mereka kemudian menjadikannya sebagai dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme. Para pemuda tidak lagi berjuang sendiri, melainkan bersama-sama. Perlu kita ketahui, Sumpah Pemuda tidak lahir begitu saja. Banyak hal yang melandasi para pemuda bertekad untuk bersatu. Mereka berpikir tidak akan bisa membuat Indonesia merdeka jika berjuang di kelompok sendiri.
Isi sumpah pemuda adalah sebagai berikut
1.Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
2.Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
3.Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbahasa satu, bahasa Indonesia.
        Sedangkan makna dari isi sumpah pemuda itu sendiri adalah : sebagai janji oleh para pemuda dan pemudi peserta kongres untuk menyatakan bahwa ”tanah air”, ”bangsa”, dan ”bahasa” mereka adalah satu, yaitu tanah air, bangsa, dan bahasa Indonesia.
                    Tujuan sumpah pemuda
Sumpah Pemuda adalah salah satu peristiwa zaman dahulu yang masih terkenang sampai sekarang. Isi Sumpah Pemuda ada 3, yaitu:
-Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku bertanah air satu tanah air Indonesia
-Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku berbangsa satu Bangsa Indonesia
-Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku berbahasa satu Bahasa Indonesia
Tujuan dari adanya sumpah pemuda adalah
1.      menginginkan semua generasi bangsa memiliki rasa nasionalisme yang kuat
2.      menjadikan rakyat Indonesia sebagai generasi penerus yang membanggakan tanah air.
3.      mempersatukan Pemuda dan Pemudi Indonesia untuk bersatu melawan penjajah. Karena jika masyarakat Indonesia bersatu maka para penjajah akan takut dan tidak akan berani lagi menjajah Indonesia.
4.      Untuk menyatukan wilayah nusantara.

C.     Tokoh-Tokoh Sumpah Pemuda
Peristiwa penting pada 28 oktober 1928 merupakan salah satu tonggak sejarah penting bangsa Indonesia. Deklarasi kaum pemuda yang terjadi di Jakarta itu, dikenal dengan sumpah pemuda. Deklarasi sumpah pemuda menghassilkan tiga poin penting. Keputusan tersebut tentu tidak lepas dari peran tokoh-tokoh Sumpah Pemuda.
1.      Soenario
Soenario adalah seorang pengacara yang aktif membela para aktivis kemerdekaan Indonesia melawan penjajah. Dalam event tersebut, ia menjadi penasihat panitia sekaligus sebagai pembicara.
2.      J. Leimena
J. Leimena merupakan mahasiswa aktivis, ketua organisasi Jong Ambon, dan tentunya tergabung dalam panitia kongres.
3.      Soegondo Djojopoespito
Tidak banyak yang tahu bahwa inilah ketua panitia kongres bersejarah tersebut. Soegondo merupakan aktivis pendidikan, yang kost di rumah Ki Hajar Dewantara.
4.      Djoko Marsaid
Djoko Marsaid merupakan wakil ketua panitia kongres, sekaligus ketua organisasi Jong Java.
5.      M. Yamin
Muhammad Yamin adalah seorang penyair yang merintis gaya puisi modern di Nusantara. Ia salah satu aktivis yang gencar mengusung bahasa Indonesia sebagai bahasa nasionaldi acara Sumpah Pemuda. M. Yamin merupakan sekertaris panitia kongres.
6.      Amir Sjarifudin
Aktivis pergerakan anti-Jepang yang pernah terancam hukuman mati. Perwakilan dari Jong Batak ini banyak menyumbang pemikiran cerdas di Sumpah Pemuda. Amir Syarifuddin juga merupakan bendahara panitia kongres.
7.      W.R. Supratman
Seorang wartawan sekaligus pengarang, yang juga pandai bermain biola. Pada malam penutupan Sumpah Pemuda, ia memainkan sebuah lagu secara instrumental dengan biola (tanpa teks) yang kini kita kenal sebagai lagu kebangsaan Indonesia Raya.
8.      S. Mangoensarkoro
Tokoh bangsa yang berbicara di acara Sumpah Pemuda mengenai pentingnya pendidikan untuk anak bangsa.
9.      Karto Soewirjo
Aktivis Jong Islamieten Bond yang turut aktif dalam Sumpah Pemuda. Di kemudian hari, setelah Indonesia merdeka, ia menjadi tokoh gerakan pemberontakan yang ingin mendirikan Negara Islam di Indonesia.
10.  Kasman Singodimedjo
Perinitis keberadaan Pramuka di Indonesia, sekaligus ‘bidan’ lahirnya Tentara Nasional Indonesia. Dikenal sebagai orator yang ulung.
11.  Moh. Roem
Aktivis pemuda sekaligus mahasiswa hukum yang terbakar nasionalismenya setelah mendapat perlakukan diskriminatif di sekolah Belanda.
12.  A.K. Gani
Aktivis pemuda yang lahir di Palembang ini bergerak dalam organisasi Jong Sumatra Bond.
13.  Sie Kong Liong
Pemilik sebuah rumah di Jalan Kramat Raya yang menjadi tempat diadakannya acara Sumpah Pemuda. Rumah tersebut kini menjadi museum.

  
BAB III
PENUTUP

A.           KESIMPULAN
Pada masanya, sumpah pemuda merupakan tonggak dari perjuangan kaum pemuda untuk meraih kemerdekaan. Setelah peristiwa Sumpah Pemuda, pemudaIndonesia banyak sekali kegiatan yang dilakukan untuk memajukan Indonesia.Peringatan Sumpah Pemuda di Indonesia dilaksanakan setiap tahun pada28 Oktober. Pada masa ini banyak organisasi nasional pemuda yang didirikanyang menyelenggarakan peringatan Sumpah Pemuda. Namun organisasi-organisasi ini kurang memberikan kontribusi positif kepada Indonesia.Harapan di masa depan adalah, lebih banyak lagi organisasi nasional pemuda yang bermanfaat dan menjiwai semangat Sumpah Pemuda di masa laludan dapat memberikan kontribusi yang positif untuk memajukan bangsaIndonesia.
B.            SARAN
Kini, bagaimana setelah 67 tahun Indonesia merdeka dan 84 tahun Sumpah Pemuda diikrarkan? Ternyata kita belum sepenuhnya merdeka dari pertikaian internal antarsesama anak bangsa. Semangat Sumpah Pemuda belum sepenuhnya merasuk ke dalam jiwa setiap pemuda Indonesia. 
Semoga kita bisa memahami makna arti sumpah pemuda ini dengan baik dan memahami bahwasannya perjuangan pemuda kala merebutkan dan memperjuangkan kemerdekaan tak bisa dipandang sebelah mata. Hari ini hari sumpah pemuda ke 84 dan semoga para pemuda bisa belajar akan sejarah sumpah pemuda dengan baik dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam berbangsa dan bernegara.



DAFTAR PUSTAKA
John Ingleson. 1983. Jalan ke Pengasingan Pergerakan Nasionalis Indonesia Tahun 
 1927-1934. Jakarta: LP3ES, hal. 72
  Koencoro Purbopranoto dan Nyoman Dekker. 1973. Sejarah Indonesia dalam Abad ke XX.
     FKIS-IKIP Malang, hal 47