Senin, 25 Oktober 2010

Opera Mobile 10 beta

Opera kembali mengeluarkan browser yang ditujukan untuk pengguna ponsel (mobile browser) sebagai media browsing, yaitu Opera Mobile 10 beta. Opera Mobile 10 beta ini khusus ditujukan untuk ponsel yang memiliki sistem operasi Symbian (seperti yang biasa dipasang pada ponsel Nokia) sama seperti Skyfire yang juga berbasis symbian. Sebelumnya Opera telah terlebih dahulu mengeluarkan Opera Mini 5 beta yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna ponsel yang support java.
Setelah saya mencoba browser Opera Mobile 10 beta ini, saya merasakan tidak ada hal yang baru jika dibandingkan dengan Opera Mini 5 beta (versi java) baik tampilan dan susunan fungsi menunya. Berikut sekilas tentang Opera 10 beta yang coba saya install di ponsel Nokia E61 (Symbian 3rd Edition).
Dari sisi tampilan Home tidak ada perbedaan dengan Opera Mini 5 beta, susunan Address bar, Google Search, dan Speed Dial sama persis dengan Opera Mini 5 beta.
Jika kita menekan shortcut Menu, maka fungsi menu yang muncul sekali lagi sama dengan Opera Mini 5 beta, termasuk fungsi multi tab juga telah didukung oleh Opera Mobile 10 beta ini.
Kesamaan antara Opera Mobile 10 beta dengan Opera Mini 5 beta juga terlihat saat membuka halaman web.
Untuk mempermudah dalam menggunakan Opera Mobile 10 beta ini, Opera telah menyediakan beberapa tombol shortcut tertentu untuk mengakses menu dan fitur dari Opera Mobile 10 beta.
Perbedaan yang saya rasakan dari Opera Mobile 10 beta ini adalah lebih berat dibandingkan Opera Mobile 5 beta. Saat saya coba membuka tab baru dengan alamat baru tidak bisa berjalan dengan baik, alias error, karena ponsel E61 saya kehabisan memory (padahal saya hanya menjalankan aplikasi Opera Mobile 10 beta dan Screenshot saja). Pengalaman error ini tidak saya temui pada Opera Mini 5 beta, semua bisa berjalan lancar.
Kemungkinan karena Opera Mobile 10 beta ini menggunakan Symbian yang lebih banyak memakan memory dibandingkan program berbasis java seperti Opera Mini 5 beta, jadi untuk ponsel berbasis symbian yang memory kecil (seperti Nokia E61) akan mengalami kesulitan saat memanfaatkan Opera Mobile 10 beta ini.
Itu tadi info singkat tentang Opera Mobile 10 beta yang baru saja dikeluarkan oleh Opera, untuk mendownload Opera Mobile 10 beta ini bisa dilihat di website Opera. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.