Senin, 25 Oktober 2010

Memperbaiki file sistem Windows dengan System File Checker

ktivitas yang ada dalam komputer kita, mulai dari berjalannya program-program yang terinstall dalam windows sampai dengan aktivitas internet (browsing, email) diatur oleh sebuah sistem yang disebut dengan Windows System Files (file sistem windows). Dengan adanya Windows System Files ini, kita bisa menjalankan program-program Windows dengan optimal.

File sistem ini sendiri bisa rusak dan tidak bisa lagi menjalankan fungsinya dengan baik. Kerusakan file sistem ini antara lain bisa diakibatkan karena instalasi program baru, terkena virus, atau hard disk yang bermasalah. Akibat dari file sistem yang rusak (corrupt) ini sistem windows menjadi tidak stabil dan sering bermasalah, antara lain ditandai dengan munculnya pesan error saat kita menjalankan program.
Nah, jika kita merasa sistem windows kita bermasalah dan muncul pesan error, ada kemungkinan penyebabnya adalah file sistem windows kita yang bermasalah dan tidak bisa berjalan sebagaimana fungsinya. Jika file sistem windows kita yang bermasalah, berikut ada sebuah tips yang bisa digunakan untuk melakukan scan dan memperbaiki file sistem windows kita.
Untuk melakukan scanning file sistem windows, kita memanfaatkan program System File Checker. Program System File Checker ini adalah bawaan dari Windows sendiri, jadi kita tidak perlu mendownload ataupun menginstallnya.
Sebelumnya menjalankan System File Checker, sebaiknya tutup semua program yang aktif. System File Checker dapat dijalankan melalui menu Start dan pilih Run, dan ketik sfc /scannow, lalu tekan Ok.
Selanjutnya akan muncul panel Windows File Protection yang akan melakukan scanning file sistem windows kita dan melakukan perbaikan jika ditemukan kesalahan dan mengganti file yang rusak (corrupt) dengan file baru sesuai dengan sistem windows yang digunakan, untuk itu biasanya System File Checker akan meminta kita memasang cd installer windows yang sama dengan sistem windows yang kita pakai.
Proses scanning dan perbaikan ini sendiri membutuhkan waktu yang relatif lama, apalagi jika kita tetap melakukan aktivitas dengan menjalankan program-program lain (untuk itu disarankan untuk menutup program lain, supaya System File Checker bisa berjalan lebih cepat).
Jika proses scanning dan perbaikan sudah selesai, otamatis panel Windows File Protection (panel run System File Checker) akan tertutup, dan kita bisa kembali menjalankan pekerjaan dengan komputer kita.